Posted by: Ratna | May 9, 2008

WISATA AIR DI MUSIM HUJAN

Kota Malang merupakan kota yang tidak mempunyai pantai sebagai tempat pariwisatanya, tetapi dilewati oleh beberapa aliran sungai, seperti sungai Brantas (meskipun kondisinya sangat memprihatinkan)–yang saya tahu sejauh ini. Tetapi ada yang menarik dari kota Malang ketika memasuki musim hujan. Karena pada saat itu kita bisa menikmati wisata air yang jarang ditemukan di kota lain (atau malah kebalikannya-sering ditemui di kota lain).

————gambar diambil di daerah Sukarno Hatta (saat menunggu hujan reda)———

Untuk menikmati wisata air ini, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Kita cukup menyiapkan kendaraan bermotor yang sudah terisi bensin atau uang sekitar 5 ribu rupiah (PulangPergi) untuk membayar angkot. Setelah itu, kita sudah siap untuk meyusuri wisata air sepanjang jalan Sukarno-Hatta, jalan Sumbersari, jalan Veteran, atau jalan di sepanjang perumahan Sawojajar.

Anehnya, wisata air ini jarang dinikmati oleh banyak orang (padahal kita bisa menciptakan cipratan air yang spektakuler jika kita mempercepat laju kendaraan) karena wisata tersebut tercipta akibat luapan selokan penampung air hujan yang bisa menyebabkan mesin kendaraan mati mendadak (alias mogok), menyebabkan pejalan kaki susah untuk menyeberang atau menyebabkan kaki terserang kutu air. Wah…wah…wah, kalau sudah seperti ini masih perlukah ‘wisata air’ ini dilestarikan? trus tugas siapa untuk menyelesaikannya? pemerintah-kah? kita-kah? atau semuanya?


Responses

  1. Sejak kecil semua tahu bahwa membuang sampah itu harus pada tempahnya. Masalahnya banyak orang yang memahami makna dari “pada tempatnya” menurut pendapat mereka sendiri. Menurut mereka :
    sungai adalah tempat sampah…
    selokan adalah tempat sampah…
    jalan-jalan umum adalah tempat sampah…
    Mungkin mereka semua ingin melestarikan wisata air ini…

  2. Ratna.. tulisanmu bagus2.. apalagi yang ini, wah kalo kamu ke jakarta harus main ke depok kalo hujan.. disini wisata air banyak tinggal pilih rat

  3. ya ampun itu kan kompleksku! pasti motretnya pas abis ngehalaqohin qta2 ya….

  4. to data : hayo siapakah mereka itu?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: