Posted by: Ratna | May 24, 2008

‘BRUBI’ Apaan tuh?

Indonesia merupakan negara yang memeiliki baraneka ragam budaya dan bahasa. Bahkan sesama suku , semisal sesama orang Jawa Timur saja seringkali ada perbedaan istilah. Hal tersebut seringkali menjadi pembahasan dan perdebatan antara saya dan beberapa teman saya sesama orang yang tinggal di bagian timur pulau Jawa ini.

Dan yang paling sering diperdebatkan adalah istilah – istilah kami menyebut makanan, seperti : ote-ote = weci, wajik = …., dan seterusnya. Diantara semua itu, ada istilah aneh yang terlontar dari salah seorang teman (sebut saja Rini ^_^), “Kalian tahu ‘brubi’ nggak?”. Kami berpikir sejenak, kemudian saya menimpali,” Sepertinya pernah dengar…”.  Lalu ada teman lain yang nyeletuk, ” Seperti tokoh kartun ya…”. “Bukan…”, potong Rini tiba – tiba. Kami semua berpikir, “Apa Ya…”

Setelah dijelaskan panjang lebar oleh Rini, kami akhirnya ngeh kalau Brubi itu ternyata kata lain dari makanan yang bernama NagaSari. Kami sontak berkata, “Ooooo… kok lucu ya, Brubi.”


Responses

  1. Pas Ane bilang Ibu, “Kalo di Mojokerto, NagaSari tu namanya brubi.” Ibu langsung menyahut, “Kalo brubi tu mirip NagaSari tapi biasanya diberi warna dan cara membungkusnya seperti “botok” ( makanan unik khas Jawa🙂 ), yang biasa dicampur dengan “lopis” ( kue Jawa, yang dimakan dengan gula merah dan kelapa parut 🙂 )…

    Komentar Ane ke Ibu cuma gini, “Ooo… itu namanya brubi toh, jadi selama ini aku makan tapi gak tau kalo itu namanya brubi”… he3😀

  2. Wah, Data..kayaknya yang kamu maksud itu bukan Brubi deh…mungkin ‘Brubi’ yang lain….

  3. klo didaerahq ada gabungan 3 makanan..yg disebut Narkoba…
    eits..jgn pikiran – dulu
    maksudnya Nagasari Kroket dan Bakwan (3 kue serasi)🙂

  4. kmrn mlem ku bru aj makan kue:
    – mirip nogosari (nagasari)
    – isinya bkn pisang, melainkan gula merah
    – dibungkus mirip botok

    nah lo..ap itu hayo??
    apakah brubi yg itu?
    he2..btw pas makan kmrn, ku tanya ayah apa itu namanya,
    ayah cm blg ‘makan aj.enak kok.kayak nogosari’

  5. Begini ya teman-teman…..
    Dari kecil aku sering makan kue yang isinya pisang dibalut ama tepung beras (kalo gak salah), trus luarnya dibungkus ama daun pisang. Dan kue itu di daerahku dikenal dengan nama Brubi.
    Setelah aku besar, aku malah baru tau kalo ternyata nama lain dari Brubi itu adalah Nogosari.
    Yup begitulah penjelasanku tentang Brubi………


Leave a Reply

Categories

