Posted by: Ratna | October 6, 2008

PENJUAL BAKSO vs IMAM TARAWIH

Pada bulan Ramadhan umat islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa (menahan haus, lapar, dan hawa nafsu dari subuh samapi maghrib). Untuk menghormati orang yang sedang berpuasa, maka sebagian penjual makanan mengubah jadwal jualan mereka. Dari yang biasanya jualan di siang hari berubah menjadi menjelang maghrib. Termasuk penjual bakso keliling yang melewati kampung dimana saya tinggal. Si ‘abang tukang bakso’ juga ikut mengubah jadwal jualan, dari sore hari menjadi sehabis maghrib.

Selain ibadah puasa, bulan Ramadhan juga tidak akan pernah lepas dari yang namanya sholat tarawih. Karena sholat sunnah yang satu ini hanya dapat kita kerjakan di bulan tersebut dan tidak di bulan lain. Keistimewaan sholat tarawih daripada sholat sunnah lainnya adalah dapat dilakukan secara berjamaah.Otomatis, karena berjamaah maka diperlukan seorang imam untuk memimpin sholat. Di kampung saya juga demikian.

Trus apa hubungannya penjual bakso dengan imam tarawih?

Begini ceritanya, pada suatu malam, kami sedang melaksanakan sholat tarawih di mushola. Abang tukang bakso yang sudah berjualan sejak selepas sholat maghrib di kampung kami akan melanjutkan perjalanan ke kampung sebelah. Untuk itu si abang melewati depan mushola, sambil berjalan si Abang tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mengais rezeki dengan membunyikan alat tik-tok (saya menyebutnya alat tik-tok karena alat tersebut jika dipukul bunyinya tik- tok tik-tok) ciri khasnya dengan keras, tak ketinggalan saat lewat tepat di depan mushola. Sang imam yang sedang melafalkan surat pendek sampai kesulitan untuk melafalkan ayat dengan benar (entah karena bunyi tik-tok tik-tok bakso atau memang lupa). Begitu selesai salam, ada salah satu makmum yang nyeletuk, “ waduh imamnya sampai gak konsentrasi gara-gara mikirin bakso.” (aneh-aneh aja ^_^)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: