Posted by: Ratna | October 6, 2008

SIAPA YANG PALING PINTAR?

Ada sebuah pertanyaan menarik, ” Siapa yang paling pintar diantara 4 orang berikut?

1.Einstein

2.Bill gates

3.Oprah

4.Zidane”

Pasti setiap orang memiliki jawaban yang berbeda dengan argumentasinya masing – masing.

Bagi yang menjawab Einstein, mungkin memiliki alasan bahwa karena Einstein lah rumus E= m.c2 ada ( merupakan rumus dari teori relativitas, yang banyak disalahgunakan untuk membuat bom atom).

Bagi yang menjawab Bill Gates, mungkin memiliki alasan karena kepandainnya, Bill Gates dapat memimpin sebuah perusahaan raksasa dengan brand Microsoft yang ternama.

Bagi yang menjawab Oprah, mungkin beralasan bahwa Oprah sangat lihai dalam berkomunikasi dengan orang lain sehingga dapat membawakan acaranya dengan baik.

Bagi yang menjawab Zidane, mungkin beralasan bahwa karena Zidane lah the Blues dapat menjadi jawara dalam Piala Dunia 1998.

Setiap orang bisa berpendapat apapun tentang ke-4 orang tersebut, namun tidak ada yang paling pintar diantara mereka karena mereka semua adalah orang – orang pintar di bidangnya masing – masing. Einstein pintar dalam bidang fisika, Bill Gates pintar dalam bidang IT , Oprah pintar dalam bidang komunikasi, dan Zidane pintar dalam bidang olah raga khususnya sepak bola. Einstein bisa saja pintar dalam bidang fisika namun tidak menjamin dia pandai berbicara di depan umum seperti Oprah, Bill Gates bisa saja pintar di dunia IT namun belum tentu dia bisa menendang bola ke gawang dengan baik sebagaimana Zidane, demikian pula sebaliknya.

Kita pun demikian, karena manusia bukanlah makhluk sempurna yang bisa menguasai banyak hal sekaligus. Allah telah mengaruniai kita kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, dan kelebihan inilah yang harus kita gali dan kembangkan. Sehingga kita bisa melejitkan diri dengan potensi yang telah kita miliki tanpa harus merepotkan diri dengan mengutuk kekurangan – kekurangan  kita yang justru akan menghambat diri kita untuk menjadi lebih baik. Kita bisa saja menjadi seperti Einstein, Bill Gates, Oprah ataupun Zidane. Tapi akan jauh lebih baik, jika menjadi diri kita sendiri dengan ciri khas yang kita miliki.


Responses

  1. Benar banget tu bro… Tiap orang diciptakann unik. Tiap insan punya kekurangan dan kelebihan. Yang penting adalah kita berusaha meminimalkan kekurangan itu dengan menggali potensi unik yang kita miliki. Dan tiap kelebihan yang kita miliki hendaknya bisa melengkapi kekurangan orang lain…

  2. yup bener banget rat

  3. setuju banget mba ratna. Malah sy suka kasian liat org yang sok pinter atau pamer segalanya. padahal ssghnya apa yang kita miliki ini hanyalah titipan dari sang maha pencinta.

  4. beneeeeer bgd..bgd..
    tapi saya juga pernah baca klo orang2 yahudi adalah orang yang paling pintar…
    jdi mereka ngerasa merekalah yang paling berkuasa disni..
    saya c g setuju,,orang muslim juga banyak yang pintar ko.
    saya juga pernah baca klo orang pintar adalah orang yang ingat dengan hari kematian..
    jdi orang itu akan berpikir apa yang mezti dy lakukan untuk kehidupan yang kekal dsna.dan memperbanyak amal mulai dari sekarng

  5. Sedikit masukan saja, yang menyarankan pembuatan bom atom pada peristiwa Hiroshima – Nagasaki itu adalah Eistein. Dia menulis surat kepada presiden Amerika saat itu dan berkata, “sekaranglah saatnya menggunakan bom atom.”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: