Posted by: Ratna | November 5, 2008

TERJAJAH OLEH BANGSA SENDIRI

Ditulis oleh : adik saya-Yuski Sudana

Resesi ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat dan negara – negara di benua Eropa memberikan imbas yang sangat berarti bagi dunia perekonomian Indonesia. Terutama di dalam hal komoditi ekspor, negara adi daya dan beberapa negara di benua biru menghentikan impor barang – barang dari Indonesia. Selain itu, beberapa negara tujuan utama ekspor kita seperti Jepang mengurangi permintaannya. Ini dikarenakan ekonomi negeri sakura tersebut, ikut gonjang-ganjing akibat krisis ekonomi global. Keadaan ini menyebabkan kekhawatiran di kalangan pengusaha dan pengrajin dalam negeri, terutama bagi para pengusaha kecil dan menengah. Karena pendapatan utama para pengusaha tersebut berasal dari pengiriman produk mereka ke negara – negara maju tersebut.

Dampak krisis ekonomi global yang dirasakan bangsa ini juga tak lepas dari peran para generasi muda Indonesia. Para generasi muda di Indonesia cenderung lebih bangga membeli produk luar negeri dibanding produk dalam negeri. Ini dilakukan untuk memenuhi kepentingan gengsi mereka atau mungkin para generasi muda Indonesia sudah terpengaruh oleh politik triple F negara – negara maju itu yaitu Food, Fashion , and Fun. Dengan politik semacam ini para negara – negara besar dengan leluasa memasarkan barang mereka. Dengan kualitas yang rendah pun mereka bisa memasang tarif yang mahal bagi produk – produk mereka. Padahal bila para anak muda bangsa ini membeli barang produksi dalam negeri, mereka akan mendapat barang dengan kualitas yang lumayan bagus dan harga yang relatif murah. Selain itu para generasi muda juga bisa membangkitkan gairah perekonomian kecil dan menengah, yang menyebabkan kita bisa berdiri di kaki kita sendiri tanpa bergantung dengan bangsa lain.

Kalau keadaan yang terjadi seperti sekarang ini, kita seperti berada di dalam masa penjajahan. Tetapi kita terjajah oleh ulah kita sendiri. Karena bila negara kita mengalami krisis ekonomi, negara – negara maju malah mendapat keuntungan, sedangkan bila negara – negara maju mengalami krisis ekonomi kita ikut merasakan dampaknya.Tampaknya bangsa ini, terutama para generasi muda harus menginstropeksi dirinya masing – masing untuk menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang benar – benar merdeka.


Responses

  1. aku setuju banget staetmen mba Yuski sudana.

  2. to suhud88: tulisan ini dibuat oleh adik saya Yuski Sudana dan dia itu cowok bukan cewek. Jadi harusnya mas. Btw, thanks atas komentarnya. Sering2 mampir ke blog ini ya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: