Posted by: Ratna | December 24, 2008

WHO AM I ?

Siapa saya? Saya adalah Ratna, saya lahir 21 tahun yang lalu, dan sekarang saya sedang duduk di bangku kuliah dan sudah memasuki semester akhir, …

            Mudah saja bagi kita untuk menjawab pertanyaan di atas dengan jawaban yang sederhana seperti cuplikan di atas. Pertanyaannya sekarang adalah “Apakah sesederhana itu jawaban kita?”. Tentu saja tidak, kita seharusnya mampu menjawab pertanyaan itu dengan beribu-ribu kalimat yang nantinya bisa kita bukukan menjadi biography diri kita.

            Sebagai manusia yang hidup di dunia, sudah semestinya kita bisa mengenali diri kita secara mendalam agar kita mampu mengoptimalkan hidup kita yang hanya sementara ini. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang diri kita, antara lain:

  1. Darimana kita berasal?
  2. Apa tujuan hidup kita?
  3. Apa kelebihan yang kita miliki?
  4. Apa kelemahan yang kita miliki?
  5. Siapa saja orang yang ada di sekitar kita?
  6. dan masih banyak lagi

Yang terpenting adalah kita harus mampu menjawab nomor 1-4, dengan tahu darimana kita berasal maka akan menumbuhkan keimanan dalam diri kita, dengan tahu apa tujuan hidup kita maka segala aktifitas kita akan terarah untuk mencapai tujuan tersebut, dengan tahu kelebihan kita maka kita bisa mengoptimalkannya untuk bisa mencapai cita-cita dan tujuan hidup kita, dengan tahu kelemahan kita maka kita bisa meminimalisir kelemahan itu agar tidak menghambat perkembangan diri kita.

            Sering saya jumpai, orang yang mudah dalam menyebutkan kelemahannya (sebagai contoh: “Saya ini emosional, keras kepala, …..”), namun sangat sulit jika diminta untuk menyebutkan kelebihannya, demikian juga sebaliknya. Di usia diatas 20 tahun, kita semestinya sudah bisa mengenal diri kita secara lebih mendalam karena masa pencarian jati diri sudah kita lewati. Bahkan, semakin cepat kita mengenali diri kita maka kita bisa melakukan akselerasi dalam hidup kita. Jadi, sudahkah Anda mengenali Siapa Anda?


Responses

  1. Lam Kenal ya mbak…🙂

  2. Haha, untung saya masih belum 20, jadi ada dispensasi..
    :mrgreen:

  3. to bujanglahat:
    Salam kenal juga mas🙂

    to Nazieb:
    semakin cepat semakin baik lho…(gak usah nunggu 20 tahun)

  4. mbak Ratna, salam kenal, saya tambah ya dengan, 6.Sudah berapa umur kita?, 7.tinggal berapa umur kita? 8. mati sewaktu- waktu, ada surga ada neraka. pilih yang mana


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: