Posted by: Ratna | January 22, 2010

SIAPA TAK KENAL INDONESIA ?

By: YS-Ratna’s brother
Editor: Ratna

Ditulis dalam rangka mengikuti Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC.

Indonesia merupakan suatu negara yang berada di kawasan asia tenggara  dengan ibukota Jakarta. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08’LS dan dari 95°’BB – 141°45’BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.Indonesia juga diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kata “Indonesia” berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti “Hindia” dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti “pulau”. Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.Indonesia merupakan  negara kepulauan terbesar didunia sehingga Indonesia mendapat julukan Nusantara. Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia. Pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, di mana 5.707 di antaranya telah memiliki nama. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), pada tahun 1992 menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pada tahun 2002 berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buahadalah sebanyak 18.306 buah. Data Departemen Dalam Negeri pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama. Indonesia dilalui garis  khatulistiwa yang memberikan cuaca tropis  dan menyebabkan Indonesia hanya  memilki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Deretan gunung api aktif kokoh membentengi negara kepulauan tersebut. Karena muntahan material vulkanik dari gunung api tersebut dan beriklim tropis, tanah di Indonesia menjadi subur sehingga memiliki varietas flora dan fauna yang beragam. Salah satu varietas flora negeri seribu pulau ini, mampu mengantar Indonesia menjadi negara berpengaruh di dunia pada saat itu. Pada saat itu tepatnya, pada  abad ke-15 Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu  pemasok utama rempah – rempah dunia. Hasil dari perut bumi Indonesia juga ikut menambah kekayaan alam yang dimiliki negeri seribu pulau ini.   Selain itu, Indonesia mempunyai sejuta pesona wisata alam yang mengagumkan  terbentang  mulai dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari wisata pantai,gunung, hutan tropis, sampai keindahan bawah laut. Indonesia tak henti – hentinya membuat decak kagum para wisatawan  baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, Pulau Bali dinobatkan menjadi salah satu pulau terindah di dunia. Julukan negeri untaian zamrud khatulistiwa sepertinya layak untuk menggambarkan keindahan lukisan Illahi  di bumi nusantara ini.

Indonesia juga menyimpan berbagai macam budaya yang tersebar di setiap pulau yang dimiliki negara yang memproklamasikan kemerdekaannnya pada tanggal 17 Agustus 1945 ini. Ada ratusan suku bangsa berdiam di negara berideologi Pancasila ini . Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya itulah pepatah yang pantas untuk menggambarkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia yang satu suku dengan suku yang lainnya yang memiliki bahasa, kebiasaan, dan tata cara yang berbeda. Namun masyarakat Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sangat menghargai satu sama lain, dan untuk menjaga persatuan bangsa pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah pemuda yang isinya menyatakan bahwa pemuda Indonesia adalah bertumpah darah satu tumpah darah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.Selain itu Indonesia juga mempunyai semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berasal dari bahasa Jawa kuno yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu jua.

Dalam kegiatan internasional, Indonesia merupakan salah satu negara penggagas pembentukan ASEAN(organisasi negara –negara Asia Tenggara). Indonesia juga menjadi salah satu negara pemrakarsa gerakan non-blok pada saat terjadi perang dingin antara blok barat dan blok timur.Bahkan sampai sekarang Indonesia dipercaya menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB (Persatuan Bangsa – Bangsa). Beberapa kali Indonesia juga diminta mengirim pasukan perdamaian ke beberapa negara yang mengalami konflik. Pasukan tersebut diberi nama Pasukan Garuda, dan  kabar  terakhir menyebutkan pada tahun 2008 Indonesia mengirim pasukan Garuda XXIV ke Libanon. Kualitas sumberdaya manusia Indonesia juga tak dapat dianggap enteng oleh bangsa – bangsa lain. Berbagai prestasi yang diraih oleh putra – putri terbaik bangsa mampu mengibarkan sang saka merah putih dan menggemakan Indonesia Raya di berbagai ajang Internasional. Mulai dari bidang olahraga,musik sampai  bidang sains para putra terbaik bangsa mampu menyabet berbagai penghargaan  demi mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang internasional. Dari fakta yang diungkapkan, mulai dari letak strategis, keindahan alam mempesona, hasil  perut bumi yang melimpah, kualitas sumber daya manusia  unggul dan berdaya saing tinggi, yang dimiliki Indonesia ,sekarang negara mana yang tak kenal dengan Indonesia. Mengapa kita harus malu jadi warga negara Indonesia, padahal kita memiliki berbagai potensi yang menjanjikan mulai dari potensi alam sampai dengan potensi sumberdaya manusia. Berbanggalah menjadi warga negara Indonesia dengan terus mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang telah diukir oleh pendahulu kita. Kita juga harus selalu menjaga kelestarian lingkungan sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan anugerah yang sangat besar demi kejayaan negara yang berlambang burung garuda ini. Gapailah kejayaan Indonesia dengan menanamkan kebanggaan yang besar sebagai warga negara Indonesia  di dalam hatimu. Jaya terus Indonesia!!!


Responses

  1. lebih banyak yang tau Bali daripada Indonesia. seperti Sound Engineer di London. Pas ditanya Indonesia dia ga tau setelah dikasih tau Bali dia baru ngeh…

  2. aku suka indonesia beragam budaya, melimpah ruah kekayaannya, ramah penduduknya,aku bangga jadi orang indonesia, tapi ada satu hal yang aku kurang suka akan indonesia tidak sedikit orang indonesia yang tidak mengenal maupun bangga pada negaranya (indonesia), semoga melalui tulisan ini semangat akan cinta bangsa dan negara bisa di tumbuhkan dengan lebih baik lagi amin..

    • amin..terimakasih atas kunjungannya mastertedjo …^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: