Posted by: Ratna | March 29, 2011

NUGGET SPESIAL “MENTARI”

100% Gurih & 100% halal

Nugget Sehat, Rasa Lezat, Harga Bersahabat


Bapak/ Ibu/ Saudara/i menginginkan makanan sehat, praktis, dan tetep enak di lidah? Nugget Spesial “Mentari” jawabannya.

Nugget tanpa bahan pengawet & MSG

Variasi rasa yang tersedia:

  • Ayam Jamur
  • Ayam Wortel
  • Ayam Bayam

Variasi kemasan:

  • Kemasan 300 gr (isi 12 biji) dengan harga Rp. 12.000,-
  • Kemasan 120 gr (isi 8 biji) dengan harga Rp. 7.000,-

Tingkat Ketahanan:

  • Selama disimpan dalam freezer: tahan selama 3-4 bulan
  • Dalam suhu normal: tahan 24 jam

Untuk wilayah kota Malang, bebas ongkos kirim.

Berminat? Bisa langsung pesan disini…

Mari kita biasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat🙂

Posted by: Ratna | January 22, 2010

SIAPA TAK KENAL INDONESIA ?

By: YS-Ratna’s brother
Editor: Ratna

Ditulis dalam rangka mengikuti Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC.

Indonesia merupakan suatu negara yang berada di kawasan asia tenggara  dengan ibukota Jakarta. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08’LS dan dari 95°’BB – 141°45’BT serta terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania.Indonesia juga diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kata “Indonesia” berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu Indus yang berarti “Hindia” dan kata dalam bahasa Yunani nesos yang berarti “pulau”. Jadi, kata Indonesia berarti wilayah Hindia kepulauan, atau kepulauan yang berada di Hindia, yang menunjukkan bahwa nama ini terbentuk jauh sebelum Indonesia menjadi negara berdaulat.Indonesia merupakan  negara kepulauan terbesar didunia sehingga Indonesia mendapat julukan Nusantara. Tahun 1972, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mempublikasikan sebanyak 6.127 nama pulau-pulau di Indonesia. Pada tahun 1987 Pusat Survei dan Pemetaan ABRI (Pussurta ABRI) menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 17.508, di mana 5.707 di antaranya telah memiliki nama. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), pada tahun 1992 menerbitkan Gazetteer Nama-nama Pulau dan Kepulauan Indonesia yang mencatat sebanyak 6.489 pulau bernama, termasuk 374 nama pulau di sungai. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Pada tahun 2002 berdasarkan hasil kajian citra satelit menyatakan bahwa jumlah pulau di Indonesia adalah sebanyak 18.306 buahadalah sebanyak 18.306 buah. Data Departemen Dalam Negeri pada tahun 2004 menyatakan bahwa 7.870 pulau yang bernama, sedangkan 9.634 pulau tak bernama. Indonesia dilalui garis  khatulistiwa yang memberikan cuaca tropis  dan menyebabkan Indonesia hanya  memilki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Deretan gunung api aktif kokoh membentengi negara kepulauan tersebut. Karena muntahan material vulkanik dari gunung api tersebut dan beriklim tropis, tanah di Indonesia menjadi subur sehingga memiliki varietas flora dan fauna yang beragam. Salah satu varietas flora negeri seribu pulau ini, mampu mengantar Indonesia menjadi negara berpengaruh di dunia pada saat itu. Pada saat itu tepatnya, pada  abad ke-15 Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu  pemasok utama rempah – rempah dunia. Hasil dari perut bumi Indonesia juga ikut menambah kekayaan alam yang dimiliki negeri seribu pulau ini.   Selain itu, Indonesia mempunyai sejuta pesona wisata alam yang mengagumkan  terbentang  mulai dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari wisata pantai,gunung, hutan tropis, sampai keindahan bawah laut. Indonesia tak henti – hentinya membuat decak kagum para wisatawan  baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan, Pulau Bali dinobatkan menjadi salah satu pulau terindah di dunia. Julukan negeri untaian zamrud khatulistiwa sepertinya layak untuk menggambarkan keindahan lukisan Illahi  di bumi nusantara ini.

Indonesia juga menyimpan berbagai macam budaya yang tersebar di setiap pulau yang dimiliki negara yang memproklamasikan kemerdekaannnya pada tanggal 17 Agustus 1945 ini. Ada ratusan suku bangsa berdiam di negara berideologi Pancasila ini . Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya itulah pepatah yang pantas untuk menggambarkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia yang satu suku dengan suku yang lainnya yang memiliki bahasa, kebiasaan, dan tata cara yang berbeda. Namun masyarakat Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang sangat menghargai satu sama lain, dan untuk menjaga persatuan bangsa pada tanggal 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia mengikrarkan sumpah pemuda yang isinya menyatakan bahwa pemuda Indonesia adalah bertumpah darah satu tumpah darah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia.Selain itu Indonesia juga mempunyai semboyan “Bhineka Tunggal Ika” yang berasal dari bahasa Jawa kuno yang artinya berbeda – beda tetapi tetap satu jua.

Dalam kegiatan internasional, Indonesia merupakan salah satu negara penggagas pembentukan ASEAN(organisasi negara –negara Asia Tenggara). Indonesia juga menjadi salah satu negara pemrakarsa gerakan non-blok pada saat terjadi perang dingin antara blok barat dan blok timur.Bahkan sampai sekarang Indonesia dipercaya menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan PBB (Persatuan Bangsa – Bangsa). Beberapa kali Indonesia juga diminta mengirim pasukan perdamaian ke beberapa negara yang mengalami konflik. Pasukan tersebut diberi nama Pasukan Garuda, dan  kabar  terakhir menyebutkan pada tahun 2008 Indonesia mengirim pasukan Garuda XXIV ke Libanon. Kualitas sumberdaya manusia Indonesia juga tak dapat dianggap enteng oleh bangsa – bangsa lain. Berbagai prestasi yang diraih oleh putra – putri terbaik bangsa mampu mengibarkan sang saka merah putih dan menggemakan Indonesia Raya di berbagai ajang Internasional. Mulai dari bidang olahraga,musik sampai  bidang sains para putra terbaik bangsa mampu menyabet berbagai penghargaan  demi mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang internasional. Dari fakta yang diungkapkan, mulai dari letak strategis, keindahan alam mempesona, hasil  perut bumi yang melimpah, kualitas sumber daya manusia  unggul dan berdaya saing tinggi, yang dimiliki Indonesia ,sekarang negara mana yang tak kenal dengan Indonesia. Mengapa kita harus malu jadi warga negara Indonesia, padahal kita memiliki berbagai potensi yang menjanjikan mulai dari potensi alam sampai dengan potensi sumberdaya manusia. Berbanggalah menjadi warga negara Indonesia dengan terus mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi yang telah diukir oleh pendahulu kita. Kita juga harus selalu menjaga kelestarian lingkungan sebagai wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan anugerah yang sangat besar demi kejayaan negara yang berlambang burung garuda ini. Gapailah kejayaan Indonesia dengan menanamkan kebanggaan yang besar sebagai warga negara Indonesia  di dalam hatimu. Jaya terus Indonesia!!!

Posted by: Ratna | January 11, 2010

CARI REJEKI BOLEH, TAPI SHOLAT JANGAN DITINGGAL …

“ Cari rejeki boleh, tapi sholat jangan sampai ditinggalkan.“ Begitulah kata – kata yang keluar dari Pak Mahesa di salah satu acara sebuah stasiun televisi swasta Indonesia.

Siapa sebenarnya Pak Mahesa? beliau merupakan seorang pengusaha “taksi roda dua” yang dikenal dengan Limobike, dimana usahanya bergerak di bidang jasa angkutan dengan menggunakan sebuah motor (bisa dikatakan Ojek) bagi kalangan menengah ke atas. Dalam setiap angkutannya dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari fasilitas keselamatan penumpang, seperti helm dan rompi sampai dengan i-pod untuk mendengarkan musik untuk menghindari kebosanan.

Setiap angkutan juga dilengkapi dengan GPS (global positioning system) untuk memantau setiap gerak dari tiap angkutan yang beroperasi, hal ini dimaksudkan untuk member kenyamanan dan menjamin keselamatan penumpang. Selain untuk memantau lokasi angkutan, dengan alat tersebut juga dapat diketahui kecepatan dari tiap angkutan (aturan standart, maksimal 60 km/jam). Jika dideteksi kecepatan angkutan di atas 60 km/ jam, maka pihak pemantau akan melakukan konfirmasi kepada driver yang bersangkutan apakah hal itu merupakan permintaan dari penumpang atau bukan. Jaminan keselamatan penumpang juga diperlihatkan dengan adanya asuransi jiwa bagi setiap penumpangnya. Jadi sebelum menggunakan jasa taksi roda dua” ini, setiap penumpang dipersilakan untuk mengisi data diri.

Dari sekian banyak cerita menarik dari usaha Limobike yang dilakoni Pak Mahesa, ada dua hal yang cukup membuat saya terkagum – kagum. Pertama, adanya driver wanita yang khusus disediakan bagi penumpang wanita. Dan yang kedua adalah kebiasaan dari perusahaan ini, dimana ketika adzan berkumandang maka seluruh aktivitas dihentikan untuk melaksanakan sholat berjama’ah. Sungguh luar biasa.

Memang benar kata Pak Mahesa, mencari rejeki sih boleh – boleh saja tapi jangan sampai melupakan kewajiban yang lain utamanya sholat. Karena bagaimanapun kita jungkir balik mencari rejeki, kalau Sang Pemberi Rejeki (Alloh SWT) tidak meridhoi dan memberkahi apa yang kita lakukan, buat apa?

Posted by: Ratna | December 31, 2009

MERASAKAN GUEST HOUSE-UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Kamar tempat kami menginap

Setiap kali saya melewati gedung yang terletak di pojok dan bersebelahan dengan gedung Fakultas Ekonomi itu. Setiap melewatinya saya selalu menoleh ke arahnya dengan rasa penasaran, kira – kira bagaimana ya bentuk bagian dalamnya dan kapan ya saya bisa merasakan untuk bisa masuk ke dalamnya. Gedung yang saya maksud adalah gedung Guest House Universitas Brawijaya. Gedung ini biasanya digunakan untuk bermalam bagi tamu universitas, dosen, pejabat kampus, atau orang – orang dan lembaga yang memiliki uang untuk menyewa beberapa kamar serta ruang rapat yang ada.

Mungkin orang yang sudah pernah atau sering merasakan bermalam disana ataupun rapat disana, akan menertawakan keinginan saya untuk bisa masuk ke dalamnya dan merasakan bermalam disana. Bahkan ada teman yang mengatakan bahwa ia sudah sering kesana dan sudah bosan, tetapi saya tidak peduli.

Kamar tempat kami menginap

Akhirnya pada pertengahan Juli 2009 saya berkesempatan untuk bermalam di gedung tersebut. Alhamdulillah, hal tersebut saya dapatkan dengan gratis karena merupakan fasilitas karantina yang diberikan kepada kami anggota tim PKM(Program Kreatifitas Mahasiswa) yang lolos ke PIMNAS XII- 2009. Meskipun kami hanya bermalam selama 1 malam sajaa, hal tersebut  menjadi hal yang luar biasa bagi saya.

Kamar tempat kami menginap

Dalam karantina tersebut selain saya mendapat makan minum prasmanan gratis (maklum mahasiswa) serta kamar dengan fasilitas yang cukup memuaskan, saya juga mendapatkan ilmu tambahan dari orang – orang yang luar biasa serta bertemu dengan rekan – rekan sesama mahasiswa yang hebat. Disana saya beserta rekan – rekan yang lain melakukan pematangan materi, menyempurnakan poster, latihan presentasi, menyusun yel – yel dan menyanyikannya bersama – sama (meski capek, tetapi seru). Saya mendapatkan banyak pelajaran dari sana dan saya sangat bersyukur karenanya.

Pintu kamar

Ada beberapa kejadian lucu dan tak terduga yang saya alami disana, malam hari di Guest House ketika saya sedang menyempurnakan file presentasi di kamar beserta rekan satu (mb.Lid), tiba – tiba muncul keinginan untuk makan rawon (entahlah mengapa muncul keinginan aneh itu). Dan tak disangka – sangka keesokan harinya, pada saat sarapan hidangannya adalah nasi goreng dan rawon (Subhanallah). Yang lucu adalah teman – teman saya yang lain sarapan dengan menu campur baur (nasi goreng campur rawon), entahlah rasanya gimana (katanya sih enak – enak saja). Katanya “mumpung ada disini” (weleh-weleh). Pada saat penyempurnaan materi di ruangan (dari pagi sampai sore) juga demikian, pada saat itu selain makan pagi-siang-sore juga disediakan snack beserta teh dan kopinya. Jadi pada saat mengerjakan penyempurnaan materi presentasi dan poster, setiap orang pasti ada sandingannya (temannya) yaitu sepiring snack dan secangkir teh/ kopi (bahkan bisa lebih dari sepiring-ck ck ck-maklumlah ada yang yang berkata logika tak kan bekerja tanpa logistik ^_^). Karena snack yang disediakan cukup banyak, jadi diantara kami ada yang mbungkus juga (termasuk saya ^_^), kan sayang kalau sampai tidak termakan. Bahkan ada diantara teman – teman kami yang ingin menginap 1 malam lagi, dasar…

Posted by: Ratna | December 23, 2009

DIBALIK KELEMBUTAN SEORANG WANITA

Wanita … wanita merupakan sosok yang selama ini dikenal sebagai sosok yang lemah lembut dan gampang menangis, dan terkadang dianggap sebagai manusia nomor dua. Tetapi tahukah, bahwa dibalik kelembutan seorang wanita ada kekuatan yang luar biasa. Bahkan seorang laki – laki yang kuat sekalipun tidak menjamin untuk mampu menandinginya.

Mengapa saya berkata demikian, bukan semata karena saya seorang wanita, bukan karena saya ingin membela golongan saya. Pernyataan di atas muncul karena realita yang saya lihat dan amati selama ini. Dan dikuatkan lagi setelah saya membaca buku karangan mbak Asma Nadia yang berjudul Catatan Hati Seorang Istri (merupakan true story dan diambil dari penuturan beberapa orang).

Berawal dari ibu saya sendiri yang luar biasa, di sela rutinitas beliau sebagai seorang guru di salah satu SD, beliau mampu untuk melayani suami (bapak saya) dan merawat anak – anaknya dengan baik (sangat baik malah). Beliau rela bangun di pagi hari untuk memasakkan anak – anaknya, beliau menguatkan bapak ketika bapak ditempa masalah, beliau meluangkan waktu untuk mendengar cerita / permasalahan anak-anaknya selama sekolah ataupun kuliah. Padahal beliau juga punya masalah sendiri yang harus diselesaikan. Selain itu, ada juga ibu dari salah seorang teman yang mampu membesarkan putra – putrinya sendiri (baca single parent) karena sang suami telah berpulang ke rahmatullah. Bahkan putra – putrinya menjadi sosok yang luar biasa. Ada juga ibu teman saya yang lain yang mampu merawat anak – anaknya dan sekaligus suaminya yang sedang terbaring sakit. Saya rasa masih banyak lagi cerita luar biasa lainnya. Pertanyaannya apakah bapak saya ataupun bapak – bapak yang lain mampu melakukan hal yang sama dengan ibu saya, ibu teman saya ataupun ibu – ibu lain???

Senantiasa teringat pula bunda Siti Khodijah yang dengan sabar menemani dan mendukung Rasulullah SAW semasa perjuangan beliau menyebarkan agama islam, sampai ketika bunda Siti Khodijah kembali kepada Alloh SWT-waktu itu disebutkan sebagai tahun kesedihan bagi Rasulullah SAW.

Ada ungkapan : dibalik kesuksesan seorang pria pasti ada wanita yang luar biasa di belakangnya. Subhanallah, di balik kelembutannya wanita memiliki kekuatan yang besar bahkan kelembutan itu sendiri merupakan bagian dari kekuatan wanita yang tidak dimiliki oleh seorang pria.

Special for my mom, thank you very much ….

Posted by: Ratna | March 2, 2009

JEMPOL BUAT BAPAK

Sore itu (menjelang maghrib) saya bersama keluarga dalam perjalanan pulang dari Soekarno-Hatta menuju Pakis. Pada saat itu kondisi jalan cukup ramai, maklum jam pulang kerja. Dan semakin ramai saja ketika kami melewati Borobudur. Dengan kondisi demikian maka dapat dipastikan kendaraan yang akan menyeberang/ belok dari kiri ke kanan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sesampai kami di daerah universitas widyagama, ada sebuah pick-up yang akan belok, sepertinya pengemudi pick-up tersebut sudah menunggu cukup lama untuk bisa membelokkan kendaraannya. Posisi kami yang pada saat itu berlawanan arah dengan pick-up tersebut. Melihat hal tersebut, bapak memutuskan untuk menghentikan mobil yang kami tumpangi dengan maksud memberi kesempatan pengemudi pick-up untuk membelokkan kendaraannya.

Ada satu hal luar biasa terjadi pada saat itu dan itu tanpa kami sangka sebelumnya, sang pengemudi pick-up tersebut mengacungkan jempolnya kepada bapak (sebagai ucapan terima kasih).

Ada hikmah yang dapat saya ambil dari peristiwa tersebut ……. (masih proses)

Posted by: Ratna | December 24, 2008

WHO AM I ?

Siapa saya? Saya adalah Ratna, saya lahir 21 tahun yang lalu, dan sekarang saya sedang duduk di bangku kuliah dan sudah memasuki semester akhir, …

            Mudah saja bagi kita untuk menjawab pertanyaan di atas dengan jawaban yang sederhana seperti cuplikan di atas. Pertanyaannya sekarang adalah “Apakah sesederhana itu jawaban kita?”. Tentu saja tidak, kita seharusnya mampu menjawab pertanyaan itu dengan beribu-ribu kalimat yang nantinya bisa kita bukukan menjadi biography diri kita.

            Sebagai manusia yang hidup di dunia, sudah semestinya kita bisa mengenali diri kita secara mendalam agar kita mampu mengoptimalkan hidup kita yang hanya sementara ini. Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang diri kita, antara lain:

  1. Darimana kita berasal?
  2. Apa tujuan hidup kita?
  3. Apa kelebihan yang kita miliki?
  4. Apa kelemahan yang kita miliki?
  5. Siapa saja orang yang ada di sekitar kita?
  6. dan masih banyak lagi

Yang terpenting adalah kita harus mampu menjawab nomor 1-4, dengan tahu darimana kita berasal maka akan menumbuhkan keimanan dalam diri kita, dengan tahu apa tujuan hidup kita maka segala aktifitas kita akan terarah untuk mencapai tujuan tersebut, dengan tahu kelebihan kita maka kita bisa mengoptimalkannya untuk bisa mencapai cita-cita dan tujuan hidup kita, dengan tahu kelemahan kita maka kita bisa meminimalisir kelemahan itu agar tidak menghambat perkembangan diri kita.

            Sering saya jumpai, orang yang mudah dalam menyebutkan kelemahannya (sebagai contoh: “Saya ini emosional, keras kepala, …..”), namun sangat sulit jika diminta untuk menyebutkan kelebihannya, demikian juga sebaliknya. Di usia diatas 20 tahun, kita semestinya sudah bisa mengenal diri kita secara lebih mendalam karena masa pencarian jati diri sudah kita lewati. Bahkan, semakin cepat kita mengenali diri kita maka kita bisa melakukan akselerasi dalam hidup kita. Jadi, sudahkah Anda mengenali Siapa Anda?

Posted by: Ratna | December 9, 2008

ES KRIM BISA MENYEBABKAN KANKER

Berawal ketika saya hendak menghadiri sebuah acara pada Ahad, 7 Desember 2008. Saya mencari helm hitam yang biasa saya pakai, namun tidak ketemu. Ternyata helm itu dipakai oleh adik saya, hal ini membuat saya cukup kesal karena saya harus memakai helm yang tersisa yaitu helm putih tanpa pelindung kaca sehingga mata saya mudah kemasukan debu dan hal ini sangat mengganggu. Tapi mau bagaimana lagi karena saya akan terlambat kalau harus menunggu kedatangan adik saya.

Setelah acara usai dan  setiba saya di rumah, saya langsung meng-introgasi adik saya. Dia dengan santainya mengatakan, “Lha aku kira sampeyan perginya agak siangan…”. Saya menjawab, “Kalo’ mau pake’ helm itu ya bilang dulu dong …”.” Kalo’ begitu ayo ganti rugi, beliin aku es krim satu saja,” lanjut saya (buat ngerjain adik ^_^). Kemudian dia berkata dengan serius, “Jangan terlalu banyak makan es krim mbak, bisa menyebabkan kanker lho”. Saya tidak percaya begitu saja, ” Masa’ sih, es krim kan banyak kandungan gizinya, bahan dasarnya aja susu”.”Beneran kok, bisa menyebabkan kanker” dia menyahut,  tetap dengan serius. Akhirnya saya percaya juga, apalagi dia kuliah di jurusan kimia (bagaimana mau tidak percaya), dan dengan terpaksa saya membatalkan niatan untuk minta dibelikan es krim. Namun, tiba-tiba adik saya berkata, “Iya lho mbak, terlalu sering makan es krim bisa menyebabkan kanker alias kantong kering…he…he…he…” , sambil cengar-cengir. Hhhhhhh, gemas rasanya (mau ngerjain malah dikerjain balik). Coba kalau ada banyak orang, pasti saya minta bantuannya untuk melaksanakan jitak berjamaah.

Posted by: Ratna | December 2, 2008

SELAMAT DATANG KAWAN

Ahad kemarin, satu teman saya sudah mengakhiri masa lajangnya dengan mengikrarkan ijab kabul pernikahan. Enam orang sudah teman seangkatan saya di ilmu komputer yang sudah mulai membangun keluarga (semoga sakinah mawaddah wa rahmah). Untuk teman – temanku yang sudah menikah saya hanya ingin mengucapakan :

 Selamat Datang Kawan

Di duniamu yg baru

Kudoakan semoga bahagia

Welcome to the new world my friends

You both have to face all in love

All I could do just pray

And I do I pray

(cuplikan Ketika Dua Hati Menyatu dari Seismic)

 

Bagi yang belum nikah, semoga segera mengikuti jejak mereka yang sudah nikah. Jangan sampai ada pertanyaan: Kapan nikah? , dan kita jawabnya: Mei (alias May be Yes, May be No).

Posted by: Ratna | December 2, 2008

STRESS, HATI – HATI!

Di era informasi seperti saat ini, produktifitas manusia semakin meningkat. Dengan semakin meningkatnya produktifitas maka tak pelak lagi tingkat stress pun semakin meningkat karena semakin banyaknya tuntutan.

Banyak kasus stress yang sering kita jumpai baik secara langsung ataupun melalui media massa, antara lain: orang yang nekat menaiki menara untuk mengakhiri hidupnya dengan melompat dari atas menara karena tidak kuat lagi menanggung beban hidupnya, bapak yang nekat bubuh diri dengan terlebih dahulu mengakhiri hidup istri dan anaknya, dan masih banyak lagi.

Stress sebenarnya disebabkan oleh lamanya beban yang kita tanggung bukan oleh beratnya beban yang kita tanggung. Dan stress bisa menyerang siapa saja, termasuk kita yang sedang duduk di bangku perkuliahan. Biasanya stress menyerang saat banyaknya tugas perkuliahan dengan deadline yang saling berkejaran, saat kita sudah mulai memasuki semester akhir dan sedang mengerjakan tugas akhir tapi kagak selesai – selesai, termasuk juga bagi yang kuliah sambil bekerja karena tekanan yang dirasakan jelas melebihi orang yang hanya kuliah saja.

Melihat fenomena di atas maka diperlukanlah sebuah langkah yang disebut dengan manajemen stress. Karena terkadang stress itu diperlukan untuk memicu kreatifitas kita (ada guyonan yang cukup menarik: ide baru bisa muncul jika kondisi kita sedang kepepet). Tapi hati – hati, stress yang tidak dimanage dengan baik akan memicu terjadinya serangan jantung dan tindakan nekat yang merugikan.

Berikut beberapa tips menghindari stress (saya dapatkan dari acara pelatihan hari Ahad, 30 Nopember 2008) :

  1. Senantiasa menyebarkan energi positif (rasa optimis, berprasangka baik, dll)
  2. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani
  3. Meminum air putih, minimal 8 gelas per hari
  4. Menangis atau berteriak di tempat lapang untuk melepaskan sejenak beban yang ada pada diri kita
  5. Meluangkan sedikit waktu untuk keluar dari rutinitas sehari – hari (rekreasi)

Dan yang paling penting adalah senantiasa bersabar dan berdzikir seperti yang sudah disebutkan dalam AlQur’an.

Older Posts »

Categories